Apakah Kamu Introvert ? Kenali 3 Perbedaan Pemalu Dan Introvert

Apakah Kamu Introvert ? Kenali 3 Perbedaan Pemalu Dan Introvert

Jalan Pelajar - Ternyata Ada sebagian orang yang belum mengenali dirinya sendiri. Mereka merasa dirinya seorang introvert, padahal ia hanya tipe orang pemalu. Lalu Bagaimana dengan kamu Sob? Apa kamu telah mengenal dirimu yang sebenarnya ?

Banyak orang beranggapan bahwa seorang introvert itu pemalu dan antisosial. Hmm, padahal sebetulnya kedua hal ini berbeda lho Sob. Dari banyaknya pandangan tentang kedua sifat ini, berikut 3 perbedaan antara introvert dan pemalu.

#3. Orang pemalu dan introvert berpikir secara berbeda

Jika pemalu dan introvert berada di suatu tempat yang ramai atau acara yang ramai, yang paling terpikirkan dari mereka adalah berdiri atau duduk jauh dari keramaian. Namun begitu, kenyataannya berbeda, lho.

Bagi introvert, bertemu dengan banyak orang itu sangat melelahkan. Hal inilah yang membuat mereka kehilangan energi. Nah, agar semangat lagi, seorang introvert akan menyendiri. Namun, bukan berarti mereka enggan ketemu orang lagi.

Sedangkan seorang pemalu itu menyendiri karena adanya rasa takut dalam dirinya. Bisa jadi sebenarnya ia ingin sekali bersosial dengan orang lain, tapi takut diabaikan. Maka, ia lebih memilih sendirian saja daripada kecewa dan merasa malu.

Mengapa Hal tersebut bisa terjadi? Hal ini diungkapkan Susan Cain dalam bukunya Quiet: "The Power of Introverts in a World That Can't Stop Talking". Ia menuliskan bahwa sifat pemalu lebih mengarah soal rasa takut dalam diri untuk bersosialisasi. Sedangkan introversi adalah pilihan untuk menempatkan pada sesuatu yang membuat diri nyaman.

#2. Pemalu,tidak bisa berbincang panjang di hadapan orang. Sedangkan Introvert bisa.

Introvert bisa menjadi TalkActvive ketika di grup kecil (Lingkungan pertemanannya), tetapi tepat menjadi Invisible people saat di keramaian.

Sedangkan jika pemalu, mereka mempunyai banyak sekali ide/gagasan/pikiran, tapi semua hanya bisa mereka pendam dalam pikiran saja tanpa mereka ungkapkan. Seringkali karena takut idenya dihina atau dikomentari. Oleh karenanya, ia lebih sering diam.

#1. Ketika mereka harus berbicara di hadapan publik.

Introvert bisa percaya diri ketika harus berhadapan dengan Big Crowd atau kerumunan orang banyak.

Sedangkan pemalu bisa langsung nervous atau keringat dingin saat berhadapan dengan orang banyak.

#Kesimpulan

Introvert terlihat pemalu hanya karena memiliki ekspresi yang monoton atau itu-itu saja. Introvert tetap mampu bersosialisasi dengan baik. Seorang pemalu seringkali juga merupakan seorang introvert. Tapi tak berarti seorang ekstrovert tidak akan pernah jadi pemalu.

Yang jelas, menurut para psikolog sifat pemalu itu bisa diubah. Tentu hal itu akan tercipta dengan motivasi dari dalam diri dan latihan yang keras Sob.

Jadi setelah baca Artikel di atas, apakah kamu merasa Introvert atau hanya pemalu saja? tuliskan jawaban kamu di kolom komentar ya sob!